Minggu, 21 Agustus 2016

Cara melakukan Titrasi

Cara melakukan Titrasi


1.                  Mula-mula buret diisi dengan titrant ( larutan baku ) hingga tanda garis nol perhatikan agar tidak ada gelembung udara . 
2.                  Dengan mengunakan  pipet, larutan contoh di masukkan ke dalam labu erlemeyer bersih dan tambahkan kedalamnya beberapa tetes larutan indikator yang cocok ( kecuali bila salah satu larutan yang direaksikan merupakan indikator juga ).
3.                  Lakukan titrasi kedalam larutan yang berada dalam erlemeyer yaitu teteskan sedikit larutan penitar dari buret, hingga warna larutan berubah. Pada permulaan hendaknya larutan penitar dialirkan sebagai aliran kecil ke dalam erlemeyer yang terus digoyang.
4.                 Bila telah mendekati titik akhir, penambahan larutan penitar diatur lebih pelan dan pada akhirnya tetes demi tetes. Selama penitaran cerat (kran) buret harus dipegang dengan tangan kiri, sedangkan labu yang berisi larutan contoh dipegang dengan tangan kanan sambil digoyang-goyangkan, agar larutan bercampur dengan baik. 
5.                 Hasil titrasi dinyatakan benar , jika pada titik akhir warna larutan yang sedang dititar berubah dengan tajam pada penambahan tetes terakhir larutan penitar. 
6.                 Agar perubahan warna dapat diamati lebih mudah, simpanlah alas putih atau sehelai kertas putih dibawah erlemeyer penitar. Disamping itu baik pula disiapkan larutan pembanding (40-50 ml air suling dibubuhi setetes larutan bahan baku dan sekian tetes larutan indikator yang sama banyaknya seperti untuk larutan dititar)
7.                 Membandingkan warna larutan pembanding dengan warna larutan yang dititar/dititrasi. Akhirnya titik akhir titrasi dapat dicek dengan menambahkan setetes larutan yang sedang dianalisis ke dalam larutan yang telah dititar, warna larutan harus berubah dengan tajam. 

Titrasi dilakukan sedikitnya dua kali (duplo) kalau perlu tiga kali (triple). Hasil dari dua titrasi hendaknya jangan berbeda lebih dari 0,05 mL.

Share this

0 Comment to "Cara melakukan Titrasi"

Posting Komentar